Apa yang dimaksud
pembelajaran aktif?
Belajar aktif adalah
pengalaman, kesadaran, dan keterlibatan.
Melalui belajar kamu dapat
menjelajahi satu set pengalaman belajar yang lebih efektif dan menarik dan kamu
dapat mengambil tanggung jawab yang lebih untuk pendidikanmu. Hal ini sangat
penting dalam belajar online di mana kamu mungkin tidak bertemu secara langsung
guru atau teman.
Mulailah dengan menentukan
isi (apa yang ingin dipelajari) dan menetapkan tujuanmu (apa yang harus
dipelajari). Berikutnya baca! Lakukan eksplorasi terhadap bacaanmu. Kemudian
buatlah dasar kegiatan yang dapat membantumu belajar, dan sampaikan apa yang telah
kamu pelajari. Beberapa mungkin mungkin bukanlah hal yang menarik untukmu,
namun beberapa mungkin cocok dengan gaya belajarmu
Kamu dapat terlibat dalam
kegiatan pertama ini sebagai individu:
Mendengar Aktif
Mendengar aktif berfokus
pada siapa yang kamu dengarkan, baik dalam belajar di kelas, dalam percakapan,
atau kelompok, yang bertujuan untuk memahami apa yang telah dikatakan oleh
orang lain. Sebagai pendengar, kamu harus dapat "memutar ulang" atau
mengulang kembali apa yang telah dikatakan orang lain dengan kata-katamu
sendiri. Hal ini bukan berarti Anda setuju, tetapi cenderung pada bahwa kamu
mengerti apa yang mereka katakan.
Mencari / Melihat
Lihatlah gambar, seperti
gambar dan grafik atau peta. Cobalah untuk memahami penggunaan dan pentingnya
setiap gambar: masukkan kata kunci yang muncul dalam pikiran. Isyarat verbal,
seperti judul dan penulis, dan isyarat visual seperti garis, warna, organisasi
visual, dll akan membantu kamu menginterpretasikan informasi dan memahami
cerita tanpa kata-kata. Seringkali konteks gambar sangat penting untuk
dipahami, sebagai ilustrasi dalam buku teks, contoh dalam katalog, grafik dalam
sebuah laporan keuangan. Begitu juga lukisan dapat dipahami dengan lebih baik
oleh waktu, gerakan seni, dll
Melihat dan mendengar
Pembelajaran melalui
PowerPoint, multimedia dan film memiliki keuntungan untukmu dengan membaca
pengetahuan dalam bentuk yang baru (menarik). Demonstrasi dan kunjungan
lapangan membangun pengalaman dalam kelas dan hal terebut dapat memberikanmu
pengalaman belajar bersama tentang suatu topik. Hal tersebut juga memungkinkan
kamu untuk menyaksikan secara langsung bagaimana konsep dipraktekkan atau
dicontohkan dalam proses kehidupan atau situasi nyata.
Segitiga Pembelajaran yang
diadaptasi dari Edgar Dale (1946)
Saat kamu masuk dalam
belajar aktif, sebuah kelompok dapat membuat tugas lebih
efektif. Dalam kelompok itu, kamu berbagi tanggung jawab untuk
berpartisipasi dan berkolaborasi, memanfaatkan potensi dari setiap peserta, dan
saling mengandalkan untuk mengatur rencana yang baik dan pembelajaran yang
efektif.
Kelas, online dan
presentasi di muka umum
Kamu dapat mengembangkan,
memproduksi, berlatih dan memberikan pidato atau presentasi dalam multi-media
dan program interaktif seperti surat kabat, Website, blog, dll. Tahapan
untuk mengembangkan hal ini meliputi:
- Mendefinisikan tujuan.
- Mengembangkan pikiran dan sudut pandangmu.
- Mengidentifikasi dan menulis hal yang ingin ditampilkan dalam presentasi.
- Memetakan isi presentasi.
- Mengidentifikasi alat atau sumber daya presentasi / dan teknologi komunikasi.
- Berlatih dalam menyajikan.
- Mendokumentasikan presentasimu.
- Mengevaluasi bagaimana kamu bisa melakukannya lebih baik.
Sebagai suatu latihan,
tahapan tersebut tidak statis melainkan sebuah proses belajar yang dinamis.
Membangun, menerapkan dan memperkuat apa yang telah kamu pelajari, tidak hanya
apa isinya, tetapi juga proses dalam mengembangkannya. Dalam proses menerjemahkan
konten ke dalam presentasi, kamu memperbaiki apa yang kamu pikir kamu tahu, dan
Anda harus lebih paham mengenai presentasimu karena akan dipresentasikan di
muka umum. Jika dalam sebuah proyek kolaboratif, kamu memiliki keuntungan dalam
berbagi perspektif dan keterampilan dengan anggota lainnya; masing-masing
anggota harus terbuka dalam menerima dan memberikan umpan balik yang mencakup
mempertanyakan, mendengarkan dan mengevaluasi jawaban.
Mengatakan dan melakukan
Semakin sering bekerja
dengan isi dari apa yang dipelajari,
semakin kamu percaya diri
dalam mengingat. Contohnya dalam mempelajari bahasa daerah. Kamu dapat belajar
melalui bermain peran, berdebat, permainan, simulasi dan lain sebagainya. Namun
dari semua metode tersebut, tidak ada cara yang lebih baik untuk belajar bahasa
daerah selain hidup dalam lingkungan daerah tersebut.
Menulis Dimana
Menulis adalah
berkomunikasi/mengekspresikan apa yang kamu pelajari, sebuah metode untuk
mengevaluasi apa yang kamu ketahui, dan juga sebagai latihan belajar aktif.
Melalui berpasangan atau kelompok, online atau secara pribadi, kamu dapat
membaca dan bereaksi terhadap apa yang siswa lain tulis dan menanggapi serta
memberikan umpan balik dalam lingkungan kolaboratif, bahkan berkolaborasi pada
pengembangan latihan.
Memahami menulis sebagai
sebuah proses
Menulis bukan hanya latihan
sederhana membuat draft dan editing. Tujuannya adalah untuk memperbaiki nilai
pesan untuk pembaca dan untuk itu kamu membutuhkan pembaca.
- Pelajari cara bertukar umpan balik
dalam tugas. Belajarlah untuk mendengarkan komentar tentang konten
dari pembaca tau teman-temanmu.
- Bagaimana mereka memahaminya atau
harapan untuk memahaminya: Apa kekuatan dan kelemahan, sudut
pandang. Apa peran tata bahasa dan kosa kata yang kamu gunakan?
- Berkolaborasi dalam penulisan
tugas, baik dalam kelompok atau online, bisa menjadi latihan dalam
situasi bekerjasama
Sumber : studygs.com
0 komentar:
Posting Komentar